Buntelan dari Noura Books

nourabuntelan-2Empat buah buku dibuntelkan penerbit Noura untukku, berikut detail dan deskripsi dari masing-masing buku :

wool-coverWool #1 – Silo Trilogy by Hugh Howey, Noura Books, Oktober 2014, 732 hlm.

Di masa depan, dunia tidak lagi aman untuk para manusia. Bahkan, udara yang mereka hirup pun bisa mematikan. Umat manusia harus hidup dalam sebuah tempat bernama silo – bunker raksasa dengan ratusan lapis ke kedalaman bumi.

Holston, seorang sheriff dalam Silo, telah puluhan tahun bertugas. Namun, kematian istrinya yang menyisakan misteri membuatnya melakukan hal gila: mengajukan dirinya untuk mengikuti sebuah misi mematikan.

Juliette, mekanik andal yang hidup dalam lapis Silo terbawah, terpilih menduduki sebuah jabatan kosong di pemerintahan. Tanpa terduga, dari Silo atas itu, dia menemukan sebuah rahasia besar yang bisa menghancurkan Silo dan seluruh penghuninya.

Dua pahlawan Silo itu berbagi takdir yang sama – mencari jawaban atas misteri besar di dalam Silo. Beranikah mereka mencegah kehancuran Silo?

###

SENYUM DAHLAN-COVERSenyum Dahlan by Tasaro GK, Noura Books, November 2014, 320 hlm.

Dahlan Iskan. Nama itu selalu ada di benaknya. Didengarnya dari orang-orang di sekelilingnya. “Jadi wartawan hebat kayak Dahlan Iskan itu, lho. Orang segan nanti,” ujar ibunya, setiap kali usai membahas sosok Dahlan yang baru saja muncul di salah satu media cetak. Ibunya bahkan memberkati dia dengan buntelan kliping berita-berita yang ditulis Dahlan Iskan. Catatan wawancara Dahlan dengan Kusni Kasdut hingga pencarian fakta pada peristiwa kebakaran Tampomas, semua ada dalam buntelan keramat tersebut. Sahabatnya, Kanday. Menambah deretan pendukung Dahlan di dekatnya.

Kini setelah hampir seumur hidup tumbuh bersama kisah seorang Dahlan, Saptoto memutuskan untuk menyaksikan sendiri sang legenda hidup. Masuk ke dalam group Jawa Pos yang dirawat idola ibunya itu. Saptoto pun punya mimpi baru, mengerjar senyum seorang Dahlan.

###

steal-artis-coverSteal Like an Artist by Austin Kleon, Noura Books, Maret 2013, 160 hlm

Siapa bilang mencuri itu buruk? Mencuri adalah keharusan! Tak Percaya?

Orang-orang hebat sudah membuktikannya. Bintang basket Kobe Bryant mengaku bahwa semua gerakannya di lapangan dia curi dari para idolanya. Untuk menciptakan komputer Mac, Steve Jobs mencuri ide dari Xerox. Beatles awalnya adalah band yang menyanyikan lagu-lagu penyanyi lain.

Tak ada yang orisinal. Semua kreasi berasal dari sesuatu yang pernah ada. Dan kreativitas tidak pernah lahir begitu saja, butuh proses juga perlu diasah. Mencuri ide adalah awal menumbuhkannya.

Kreatif adalah melihat dari sudut pandang berbeda. Kreatif adalah mampu menyiasati keterbatasan. Kreatif adalah menemukan solusi terbaik dari permasalahan. Buku ini mengembangkan kreativitasmu, siapa pun kamu, dalam bidang apa pun kamu berkarya.

###

show your workShow Your Work by Austin Kleon, Noura Books 2014, 224 hlm

Kata Edgar Allan Poe, sebagian besar penulis takut jika proses berkaryanya diketahui orang lain. Sementara itu, Pablo Picasso kerap membuat orang yang berkomunikasi dengannya justru kehilangan energi dan motivasi berkarya. Ya, keduanya memang maestro legendaris, tapi sekarang bukan saatnya lagi berkarya ala mereka. Bukan juga zamannya Mozart sang genius musik. Ini eranya kamu, siapa pun kamu, bisa berkarya!

Lalu, apa kuncinya?

Tunjukkan saja. Di zaman keterbukaan ini, semua orang punya kesempatan sama untuk jadi hebat. Jangan sembunyikan proses kreatifmu. Undang orang-orang untuk melihatnya. Jangan khawatir kritik, karena itu bahan pelajaran buatmu. Ide yang menurutmu tidak menarik, siapa tahu luar biasa bagi orang lain. Lebih dari itu, karyamu juga bisa menginspirasi orang lain.

Jadi, tunggu apa lagi? Tak perlu ragu atau malu. Berbagi karya membuatmu kaya!

###

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s