Buku-Buku Mahfud MD From Konstitusi Press (KONpress)

buntelan konpres2Baru saja saya menerima sebuah buntelan yang cukup besar, waktu saya lihat pengirimnya agak kaget juga karena dikirim dari Penerbit Konstitusi Press (KONpress) yang beralamat di Gedung Mahkamah Konstitusi! Pikiran saya melayang pada gedung yang beberapa bulan yang lalu kerap muncul di TV dalam sidang sengketa Pilpres 2014 yang lalu. Lalu apa isi dari buntelan ini? Saya langsung menduganya  jangan-jangan isinya buku Undang-Undang atau tentang produk-produk atau keputusan-keputusan hukum yang dihasilkan Mahkamah Konsitusi. Setelah saya buka bungkusnya ternyata isinya 3 buah buku tentang Mahfud MD, satu buku biografi dan dua lagi buku berjudul Kontroversi Mahfud MD (jilid 1 & 2). Ketiga buku tersebut ditulis oleh salah seorang kawan cyber saya yang aktif bergerak di dunia literasi yaitu Sdri Ritta Triana Budiarti atau yang saya kenal dengan nama Rita Achdris 🙂 mahfud 3 bukuBerikut masing2 keterangan tentang bukunya

terus mengalirJudul : Biografi Mahfud MD – Terus Mengalir

Penulis : Rita Triana Budiarti

Penerbit : Konsitusi Press

Cetakan : I, Maret 2013

Tebal : 614 hlm

Jika diibaratkan sebuah toko, Mahfud MD adalah toko serba ada. Ia adalah sosok yang “lengkap”, yang memiliki semua sifat dan pengalaman yang dibutuhkan dari seorang pemimpin. Ini bukan ngecap. Hal itu dibuktikan oleh rekam jejak perjalanan karier Mahfud. Jika mengacu pada trias politica yang dicetuskan John Locke, Mahfud pernah mengisi semua posisi dalam cabang-cabang kekuasaan itu. Di cabang eksekutif ia pernah menjadi Menteri Pertahanan, di cabang legislatif ia pernah menjadi anggota DPR, lalu di cabang yudikatif ia juga menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi.

Semua jabatan itu tentu tidak diraih dengan kebetulan. Pada mulanya, Mahfud adalah seorang dosen di perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, yang jauh dari hiruk pikuk politik Jakarta. Ia sama sekali tidak pernah bermimpi menjadi menteri, karen ia tak punya lobi dan upeti. Tetapi, Mahfud mengalir bagai air. Prestasinya berbicara sendiri, sehingga Presiden Gus Dur mampu melihat kekuatan karakter dan keilmuan Mahfud yang tak dimiliki sosok lain. Pilihan Gus Dur tak keliru, karena sejak saat itu Mahfud muncul sebagai sosok yang diperhitungkan dalam peta politik di Indonesia, hingga kini.

Melawan ketidakadilan adalah benang merah perjalanan hidupnya yang terangkum dalam buku Biografi Mahfud MD, Terus Mengalir. Semenjak kecil ia sudah menyimpan luka politk ketika ayahnya ditahan gara-gara memilih NU dalam pemilu. Pilihannya pada dunia hukum pun didasari harapan hukum bisa menciptakan keadilan. Tak banyak yang tahu, sosok pendobrak ini sebenarnya adalah seorang pemalu. Terlahir dari kultur NU dan tumbuh di lingkungan Muhammadiyah membentuknya saat ini sebgai sosok yang unik dan komplet.

###

kontroversi-1Judul :Kontroversi Mahfud MD – jilid 1

Penulis : Rita Triana Budiarti

Penerbit : Konstitusi Press

Cetakan : I, Desember 2012

Tebal : 270 hlm

Sepak terjang MK dalam menjatuhkan putusan-putusan yang didasarkan pada keadilan substantif -sebagaimana dalam kasus Anggodo- dengan sendirinya melambungkan nama MK dalam satu tahun terakhir. Prestasi tersebut tidak bisa dilepaskan dari peran besar Ketua MK, Prof. Dr. Moh. Mahfud MD. Wajar saja jika kemudian, harian nasional Seputar Indonesia menganugerahkan gelar Man of The Year 2009 kepada Mahfud MD.

Mahfud MD adalah sosok negarawan yang langka di Indonesia. Sekalipun menjabat sebagai Ketua MK, kerap kali ia tampil sebagai sosok akademisi yang lugas. Namun, pribadinya yang sederhana mampu membawa MK menjadi lembaga yang dekat di hati rakyat. Tentu saja prestasi tersebut tidak diraih dengan mudah. Di dalamnya terkandung berbagai dinamika dan kendala yang tak pernah mencuat ke hadapan khalayak.

Berbagai dinamika dan kendala yang tak pernah mencuat ke hadapan publik tersebut, terungkap dalam Kontroversi , Mahfud MD jilid 1. Harapan atas penerbitan buku ini adalah agar Indonesia memiliki catatan, atau bahkan teladan, tentang salah satu model kepemimpinan di negeri ini. Lebih luas lagi, buku ini diharapkan mampu memberi inspirasi bagi pembaca dalam menegakkan keadilan dan demokrasi di mana pun berada.

###

kontroversi-2

Judul : Kontroversi Mahfud MD jilid 2 – di Balik Putusan Mahkaman Konstitusi

Penulis : Rita Triana Budiarti

Penerbit : Konsitusi Press

Cetakan : I, Agustus 2014

Tebal : 272 hlm

Dalam sepuluh tahun, MK telah menjadi episentrum reformasi hukum di Indonesia. Putusan-putusan MK juda diperbincangkan di dunia. Kanselir Jerman Angela Merkel, yang secara khusus mengunjungi MK, menyebut MK Indonesia fenomenal. Menurut Merkel, peran MK Indonesia dalam membangun demokrasi dan hukum, melampaui pengadilan konstitusi lain di dunia yang telah berumur puluhan tahun.

Dalam buku “The Oxford Handbook of Comparative Constitutional Law” yang diterbitkan Oxford University Press di Amerika Serikat (2012), MK Indonesia juga disebut sebagai salah satu dari sepuluh MK yang efektif di dunia. MK Indonesia disejajarkan dengan MK Kolimbia, Jerman, Polandia, Korea Selatan, dan Afrika Selatan.

Berbagai pengakuan tersebut tidak terlepas dari figur Mahfud MD, Ketua MK pada saat itu (2008-2013).  Sekalipun mengundang kontroversi, terobosan-terobosan hukum dan putusan-putusan MK di bawah kepemimpinan Mahfud MD terbukti berhasil memberi jalan keluar dari kebuntuan hukum.

Buku Kontorversi Mahfud MD jilid 2, di Balik Putusan Mahkamah Konstitusi ini merangkum peran, sikap, dan pandangan Mahfud MD dalam bidang hukum, yang kemudian diintegrasikan di dalam vonis-vonis MK — setelah diperdebatkan dengan hakim Konstitusi — tersebut. Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Kontoversi Mahfud MD Jilid 1 (2012) yang sebelumnya pernah diterbitkan dengan judul On the Record Mahfud MD du Balik Putusan Mahkamah Konstitusi  (2010). Di dalam buku ini diceritakan dinamika di balik berbagai putusan MK yang mengundang perhatian publik, seperti kasus anak di luar perkawinan, pembuatan BP Mogas, larangan penodaan agama, sengketa divestasi PT. Newmont Nusa Tenggara, dan sebagainya.

###

Terima kasih kepada Penerbit Konstitusi Press yang telah membuntelkan buku-buku ini untuk saya. Sangat bermanfaat.

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s