My Brief History by Stephen Hawking

my briefOtobiografi Stephen Hawking, ilmuan genius ini dibuntelkan pada saya sebagai hadiah atas terpilihnya Resensi Rampokan Jawa & Selebes by Peter van Dongen sebagai Resensi Pilihan yang tiap minggu diadakan oleh Penerbit Gramedia di twitter.

Otobiografi ini seperti judulnya My Brief Histoy (Sejarah Singkat Saya) dibuat dengan singkat (151 hlm) namun yang menarik selain covernya yang menampilkan ekspresi unik Hawking saat masih kuliah dan masih dalam keadaan sehat buku ini juga memuat foto-foto dan kutipan-kutipan dari buku ini yang dicetak di lembar-lembar khusus berwarna cerah. Entah apakah buku aslinya juga seperti ini ya?

mybrief dalam

Berikut detail dan deskripsi buku ini

Judul : My Brief History (Sejarah Singkat Saya)

Penulis : Stephen Hawking

Penerjemah : Zia Anshor

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2004

Tebal : 151 hlm

My Brief History menceritakan perjalanan luar biasa Stephen Hawking, dari masa kecilnya di London sesudah Perang Dunia II sampai menjadi pesohor yang terkenal di seluruh dunia. Dilengkapi foto-foto yang jarang terlihat, buku singkat, kocak, dan cerdas ini memperkenalkan pembaca dengan seorang Hawking yang belum tampak di buku-buku terdahulu: anak sekolah yang ingin tahu dan dijuluki “Einstein” oleh teman-temannya; orang yang suka bercanda dan pernah bertaruh dengan temannya perihal keberadaan lubang hitam; serta suami dan ayah muda yang berjuang untuk mendapat tempat di dunia akademia.

Dengan tulisannya yang khas, rendah hati dan penuh humor, Hawking mengungkap mengenai tantangan yang dia hadapi sesudah didiagnosis mengidap penyakit neuron motor pada umur dua puluh satu. Dia menelusuri perkembangannya sebagai pemikir untuk menjelaskan bagaimana kemungkinan mati muda mendorong dia meraih banyak terobosan intelektual, dan berbicara mengenai kelahiran mahakaryanya A Brief History of Time—salah satu buku terbesar pada abad keduapuluh.

Jernih, akrab, dan bijak, My Brief History membuka jendela bagi kita untuk menengok jagat raya pribadi Hawking

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s