Total Bung Karno 2 by Roso Daras

total bk2

Seperti di buku pertamanya, (Total Bung Karno : Serpihan Sejarah yang Tercecer – Roso Daras, Penerbit Imania, 2013. ) Buku ini merupakan kumpulan kisah-kisah tentang Bung Karno yang bersumber dari blog Roso Daras , seorang Sukarnois yang hingga kini rajin mengupdate tulisan-tulisannya tentang Bung Karno di blog pribadinya.

Berikut Kata Pengantar dari penulisnya yang terdapat dalam buku ini

Pengantar Penulis

Total Bung Karno dan Demokrasi Liberal

roso darasPuji syukur dumateng Gusti Ingkang Ngakaryo jagat…. Sholawat serta salam kepada Sang Nabi SAW junjungan saya….

Sidang pembaca yang mulia, buku Total Bung Karno 2, Serpihan Sejarah yang Tercecer, akhirnya selesai disusun, dan kini sudah di tangan Anda. Begitu besar harapan yang menyertai penerbitan buku ini. Sebuah harapan, semoga buku ini bisa memperkaya khasanah bacaan di Tanah Air, dan lebih dari itu, mampu memuaskan dahaga kaum Nasionalis, khususnya saudara-saudara Sukarnois di mana pun berada.

Buku Total Bung Karno 2, adalah seri lanjutan dari buku dengan judul yang sama yang terbit setahun lalu. Sumber utama buku ini, masihlah berasal dari tulisan-tulisan yang saya posting di personal weblog (Iblog) saya : http://www.rosodaras.wordpress.com . Tentu saja, untuk menjadi layak buku, materi-materi itu sudah diperkaya dengan referensi lain.

Sedikit berbeda dengan buku Total Bung Karno pertama, maka pada buku ini, konten bisa diklasifikasikan menjadi tiga bagian besar. Pertama, periode pembuangan di Ende (1934 – 1938), kedua, tentang marhaenisme, dan ketiga, kisah-kisah human interest yang menarik untuk disimak tentang perjalanan hidup Putra Sang Fajar.

Khusus tulisan-tulisan yang mengangkat tema periode pembuangan Bung Karno di Ende, sekaligus menjawab permintaan khalayak atas terbitnya buku saya berjudul “Bung Karno Ata Ende” yang diterbitkan oleh Chakrisma bekerjasama dengan Ditjen Kebudayaan, Kemendikbud. Karena sifat penerbitannya yang terbatas, sehingga buku tadi tidak tersebar secara luas. Karena itulah, saya mengangkatnya kembali sebagai bagian dari isi buku Total Bung Karno 2 ini.

Saat postingan ini saya unggah, buku masih dalam proses pembuatan dummy. Dari pihak penerbit, tengah mengupayakan endorsement dari sejumlah tokoh. Terbetik sejumlah nama yang tengah dimintai endorsement untuk buku ini, antara lain Joko Widodo, Prabowo Subianto, Kartika (Karina) Soekarno Putri, Permadi, SH, dll. Akan tetapi, hingga 20 Mei 2014, belum ada respon dari mereka.

Yang juga tidak kalah menarik adalah, latar belakang politik negeri, saat buku ini diterbitkan. Suasana Pemilu 2014 sedang berada pada tensi tertinggi. Terlebih jelang pilpres 2014. Sempat terbesit niatan meminta kedua capres: Prabowo Subianto dan Joko Widodo memberi endorsment pada buku ini. Sukurlah, niatan itu tidak terlaksana sehingga buku ini tidak terseret dalam pusaran politik praktis yang begitu menyesatkan.

Yang pasti, buku ini memang dipersiapkan pada bulan  Juni 2014, bulan Bung Karno, yang kebetulan saja sedang hangat-hangatnya kampanye Pilpres 2014. Seyogyanya memang buku ini tidak dikaitkan dengan momen Pemilu maupun dengan kedua Capres yang mengaku Sukarnois itu. Sebab, ingar bingar Pemilu, hanya berlangsung sesaat, sementara peredaran buku ini niscaya akan jauh lebih lama dari pesta demokrasi yang panas. Sebuah pesta demokrasi liberal yang sama sekali bukan demokrasi Pancasila idaman para pendiri bangsa termasuk Bung Karno.

Lepas dari itu semua, seperti harapan semula, semoga buku ini bisa diterima dengan baik di tengah masyarakat Indonesia. Terakhir , saya berterima kasih kepada pihak yang telah berkenan memberi endorsment pada buku ini. Terima kasih kepada Penerbit Imania. Tak ketinggalan, ucapan terima kasih tulus kepada keluarga tercinta, keluarga besar, para sahabat, dan semua pihak yang tidak bisa saya sebut satu persatu, atas dukungan dan kontribusi positif sehingga saya makin terbenam dalam belantara Sukarno yang amazing.

Merdeka!!!

###

Detail Buku

Judul : Total Bung Karno 2 : Serpihan Sejarah yang Tercecer

Penulis : Roso Daras

Penerbit : Imania

Cetakan : I, Juli 2014

Tebal : 458 hlm

ISBN : 978-602-7926-16-5

total bk12Buku Total bung Karno 1 & 2 ini dibuntelkan oleh Penerbit Imania. Terima kasih untuk penerbit Imania yang telah mengirimkan buku-buku ini untuk saya baca dan review.

Review Total Bung Karno 1 bisa dibaca di sini

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Total Bung Karno 2 by Roso Daras

  1. Pingback: Im Yang Tjoe, Penulis Biografi Pertama Bung Karno | AkuBuku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s