Kebudayaan di Nusantara by Edi Sedyawati

kebudayaan di nusantaraBuku ini dibuntelkan Penerbit Komunitas Bambu sebagai ‘hadiah’ atas sharing saya di newsletter Komunitas Bambu #1 (baca di sini).  Buku ini merupakan kumpulan  tulisan Prof. Edi Sedyawati. Total ada 112 tulisan/artikel yang ditulis oleh sang arkeolog dalam buku ini yang dibagi dalam dua bagian besar yaitu, Budaya dalam Konteks Nasional, dan Budaya dalam Proses dan Varian.  Berikut detail buku dan daftar isi dari buku ini

Judul : Kebudayaan di Nusantara – Dari Tortor sampai Industri Budaya

Penulis : Edi Sedyawati

Penerbit : Komunitas Bambu

Cetakan : Juli 2014

Tebal : 536 hlm

Sebagai intelektual yang telah lebih dari 40 tahun menggeluti kebudayaan dalam arti luas, Edi Sedyawati dalam buku ini memperlihatkan penguasaannya yang luas dan dalam mengenai tempat dan peran kebudayaan yang dikaitkan dengan nasionalitas. Terkait dengan hal itu, dalam buku ini dibahas modal budaya sebagai kekuatan bangsa, budaya nasional dan suku bangsa, budaya dan karakter bangsa, budaya dan persatuan nasional, serta budaya dan pendidikan nasional.

Ide nasionalitas dalam budaya ini juga dibawa dengan mengupas museum, batik, keris, ekonomi kreatif, lembaga adat, kelautan, ingatan kolektif, koleksi negara, gaya seni, Pancasila, arkeologi, seni tradisi, local genius, wayang, filsafat Jawa, makanan, dan obat-obatan tradisional. Melalui pengungkapan dengan gaya narasi sastra yang enak dibaca, sebagai budayawan yang matang secara akademis, penulis juga mengungkap budaya dalam proses dan variannya. Sebut saja tentang kebutuhan masyarakat akan pengetahuan tradisional, ketuhanan dalam seni Nusantara, makna simbol pada tari daerah Nusantara, asal usul aksara-aksara Nusantara, juga penataan air pada masa Jawa kuno. Selain itu, dibuat juga ulasan-ulasan tentang Tor-tor Batak, Candi Borobudur, panakawan di masa Majapahit, kesenian di pesantren, sastra Melayu, pencak silat, dan tradisi lisan serta ungkapan seni pada relief Prambanan.

daft isidaft isi-2-revdaft isi-2-revbdaft isi-3-revdaft isi-3-revb

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s