Buntelan from Nuansa Cendekia

buntelan nuansa2Tiga buku ini buntelan dari Penerbit Nuansa Cendekia, berikut detail dari masing-masing bukunya :

Judul : Jokowi Aku Rapopo (pandangan seorang Jurnalis)

Penulis : Hermawan Aksan

Penerbit : Medium

Cetakan : I, Mei 2014

Tebal : 171 hlm

Jokowi-245x313Melalui buku ini pula kita dapat memahami latar belalang Jokowi, seorang alumnus Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada yang hobi naik gunung dan mendengarkan musik rock. Kita juga dapat melihat bagaimana kerja keras Jokowi merintis usaha mebel hingga menjadi orang nomor satu di ibu kota. Dituturkan pula dalam buku ini, bahwa panggilan Jokowi itu didapatkannya dari seorang pelanggan mebel asal Perancis, yaitu Micl Romaknan. Panggilan itu digunakan untuk membedakan Joko pengusaha dari Surabaya dan Joko dari Solo. Nama panggilan yang justru semakin populer hari ini. Beragam prestasi, seperti terpilihnya Jokowi sebagai Wali Kota Surakarta lalu menjadi Wali Kota Solo juga disampaikan dalam buku ini. Tidak luput juga kemampuan Jokowi ketika melakukan pembenahan pedagang kaki lima (PKL) saat menjabat Wali Kota Solo. Program yang mencuatkan nama Jokowi melalui pendekatan nguwangko wong (memanusiakan manusia).

****

Berada di dalam keluarga besar PDI-P, sebuah partai yang tetap mengusung kebesaran trah kepemimpinan besar Soekarno, Jokowi bukanlah apa-apa. Ia adalah “orang luar yang berada di dalam”. Sebagaimana dinarasikan Hermawan Aksan dalam buku ini, Jokowi terlahir dari keluarga wong cilik, yang tidak memiliki garis menak (ningrat atau brahmana khususnya dalam bidang politik dan kepemimpinan). Tapi, justru dengan tetap membawa sifat-sifat kewongcilikan itu, sejauh ini ia sukses dalam politik dan kepemimpinan, hingga menjadi Gubernur DKI. Dan dengan sikap itu pula, dari gesturnya dapat dilihat bahwa kekuasaan tidak terlalu menjadi beban baginya. “Aku rapopo”, katanya.
Ya, bagi Jokowi tidak menjadi presiden mungkin memang rapopo. Tapi, bagi PDI-P pasti itu opo-opo. Maka, jika Jokowi betul-betul ingin dijadikan presiden dan kemudian menjadi presiden yang dicintai rakyat selama memimpin kelak, jangan ada “opo-opo” dalam tubuh PDI-P!
-Acep Iwan Saidi. Budayawan. Pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung
###

Desa-desa-di-Borobudur-cover Judul : Desa-Desa di Borobudur : Manusia, Alam, Masyarakat

Penulis : Dorothea Rosa Herliany

Penerbit : Nuansa Cendekia

Cetakan : II, 2014

Tebal : 112 hlm, matt paper

Desa-desa di Borobudur adalah ruang percakapan antara manusia, alam pegunungan, dan candi.

Alam terus berubah. Ada gunung, sungai, tetumbuhan, ikan, dan bocah-bocah berlarian memainkan layang-layang di antara kerja para pemanen padi.

Manusia lalu-lalang di sekitar candi. Satu sama lain saling berjumpa, menyusun masyarakat yang bergerak dalam hidup kesehariannya. Masyarakat yang bergerak melalui disiplin pengrajin, kerja kuliner, budi daya tanaman, olah seni dan rasa hormat pada para leluhur di desa masing-masing serta melalui dolanan yang dimainkan anak-anak di pelataran rumah ketika bulan purnama.

Borobudur menjadi bercahaya.

Candi dan masyarakat pedesaan saling bertegur sapa.

###

Tindakan-Medis-Lintas-Alam-coverJudul : Tindakan Medis Lintas Alam : Panduan untuk Pramuka, Palang Merah Remaja, Pecinta Alam, dan Tim SAR

Penulis : Allan E. Nourse, M.D.

Penerjemah : Rahmani Astuti

Penerbit : Nuansa Cendekia

Cetakan : I, April 2014

Tebal : 167 hlm

Buku ini memberikan saran-saran medis terbaik untuk para back packer yang hobi mendaki, berkemah, dan para pelintas alam. Ditulis oleh seorang dokter dan pengarang yang juga aktivis pecinta alam. Di dalamnya memuat kiat-kiat jitu dan teknik-teknik penyelamatan jiwa seperti:

+ Saran untuk pakaian yang tepat dikenakan dalam berbagai cuaca dan kondisi topografis.

+ Tindakan praktis darurat mengobati luka lepuh,  radang dingin, pertolongan-pertama untuk patah tulang, serangan jantung, serangan panas, dan dehidrasi.

+ Beberapa bimbingan penting lain untuk kenyamanan dan keselamatan Anda saat menjelajah alam.

###

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s