Kepada Apakah by Afrizal Malna & Dunia di Dalam Mata

BUNTELAN KATA BERGERADua buku ini dibuntelkan oleh Penerbit Motion Publishing, satu buku kumpulan cerpen dan fiksimini berjudul Dunia di Dalam Mata, sebuah novel Kepada Apakah karya Afrizal Malna, penyair yang meraih anugerah Khatulistiwa Award 2013 untuk kategori fiksi.

Berikut deskripsi/sinopsis dari dua buku terebut

KEPADA-COVER-SCANKepada Apakah by Afrizal Malna, Motion Publishing, cet I, Maret 2004, 302 hlm.

Ram, seorang mahasiswa filsafat yang juga pemain teater, menghadapi pertanyaan dari dosen Filsafat Etika: “Apakah yang kamu pahami tentang apakah?”

Sejak pertanyaan ujian tadi yang menguasai pikiranku, aku ingin memutuskan semua hubungan dengan apa pun. Aku ingin berada di luar semua ikatan yang telah menciptakan banyak kerumitan… Melepaskan ikatan sirkuit yang menyebalkan antara kehidupan dan kematian. Melepaskan ikatan antara kata-benda dengan kata-sifat.

Pertanyaan itu menguasai pikiran Ram sepanjang perjalanan ke beberapa kota di Jawa dan Ternate. Pikiran-pikiran yang seringkali dipengaruhi ilusi dan halusinasi. Membuat perbedaan tipis antara imajinasi dan kenyataan. Antara Ram dan Wulung, kekasihnya.

Novel ini diambil dari kisah nyata. Semacam novel perjalanan tentang pertemuan Afrizal Malna dengan sejumlah orang dari satu tempat ke tempat lain sejak 2012. Secara umum novel ini semacam bunuh diri eksternal dari sisi kebudayaan yang kuat karena adanya media elektronik dan digital.

###

Novel Kepada Apakah rencananya akan diluncurkan pada 12 Maret 2014, berikut publikasi resminya :

KEPADA-LAUNCHING###

DUNIA-COVERDunia di Dalam Mata : Kumpulan Cerpen & fiksimini, Khrisna Pabichara (ed), Motion Publishing, Maret 2013, 282 hlm

Ia selalu suka duduk di hadapan cermin. Cermin besar yang sengaja dibelikan ibunya semaasa kecil. Di dalam cermin itu. Ia seolah bisa melihat dunia. Bukan dunia seperti tempat yang dipijaknya kini. Melainkan sebuah tempat yang berbeda. Dan, lama-kalemaan ia tahu. Dunia itu sesungguhnya berasal dari matanya yang berwarna terang dan sedikit kelabu.

###

Selain cerita pendek berjudul Dunia di Dalam Mata, ada 22 judul cerita pendek lainnya dari 18 penulis terseleksi dan 4 moderator @fiksimini Agus Noor, Clara Ng, Eka Kurniawan, dan M. Aan Mansyur

###

Fiksimini – komunitas literasi yang lahir dan besar di jejaring Twitter – telah menjadi hulu sungai imajinasi. Berawal dari tulisan kurang dari 140 karakter, bergerak mengalir menjadi beragam karya.

###

katabergerakbuku2Buku-buku terbitan Motion Publishing

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Kepada Apakah by Afrizal Malna & Dunia di Dalam Mata

  1. dimana buku terbitan Motion Publishing ini bisa didapet yaah??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s