Tiga Buku dari Penerbit Nuansa Cendekia

nuansa cendeTiga buku diatas dibuntelkan sekaligus oleh Penerbit Nuansa Cendekia untukku. Berikut deskripsi dari masing-masing bukunya.

isme-ismeJudul : Kamus Isme-isme

Penulis : Yapi Tambayong

Penerbit : Nuansa Cendekia

Cetakan : I, Juli 2013

Tebal : 368 hlm

Memahami isme itu tidak hanya perlu, melainkan penting. Hal ini karena pengertian isme dalam konteks ajaran/paham/kepercayaan/ideologi dan pengertian isme dalam pengertian terminologi tumbuhberkembang secara dinamis dari masa ke masa di setiap golongan masyarakat.

 

Di tengah keberagaman isme yang ada perlulah kita memiliki cara pandang bijaksana, dan kebijaksanaan yang terpenting ialah kesanggupan kita untuk menyempatkan belajar memahami secara mendalam, objektif dan disertai sikap kritis. Dengan menyempatkan membaca buku inilah kita sedang bersikap bijaksana.

 

Karya Yapi Tambayong (Remy Sylado) ini merupakan terobosan baru yang menjelaskan perihal isme. Selain tetap menguraikan isme-isme besar dunia, buku ini juga memasukkan isme-isme baru yang hadir di Indonesia, seperti Abeesisme/ABS-isme, Asbunisme, Modarisme, Ndoroisme, dan lain sebagainya.

Dengan semangat dan tujuan memperbaiki kualitas keilmuan generasi bangsa, Remy Sylado menulis buku ini secara teliti dan telaten serta menyusun dengan kalimat-kalimat yang enak dibaca. Kiranya tak perlu diragukan lagi kualitas karya ini karena dengan membaca satu per satu istilah isme yang ditafsirkan secara cerdas oleh penulisnya, kita akan mendapatkan kekayaan pengetahuan tentang beragam isme

 

kamus indJudul : Kamus Bahasa Indonesia

Penulis : Hermawan Aksan

Penerbit : Nuansa Cendekia

Cetakan : I, Agustus 2013

Tebal : 220 hlm

Berbahasa Indonesia secara tepat merupakan kebutuhan masyarakat Indonesia. Memang telah banyak kamus-kamus termasuk buku panduan berbahasa yang sudah beredar, tatapi harus diakui hanya sedikit yang bisa dianggap bermutu.

Buku ini hadir secara khusus kepada para pemula yang ingin menguasai bahasa Indonesia secara baik dan tepat.

KElebihan kamu ini antaralain mampu menjawab problematika bentuk kata dan menawarkan sebuah pegangan yanng sederhana tetapi bisa dipercaya. Selain juga mampu menjawab masalah-masalah pemaknaan suau istilah secara simpel dan akurat.

Dengan kesederhanaan itu, kamus ini disusun untuk digunakan oleh terutama para pelajar dan mahasiswa, serta siapa pun yang merasa berkepentingan menggunakan bahasa Indonesia yang lebih baik

visi aksiJudul : Visi dan Akksi – Merespon Globalisasi, Menawarkan Solusi

Penulis : Khodfifah Indah Paarawarsa

Penerbit : Nuansa Cendekia

Cetakan : I, Agustus 2013

Tebal : 342 hlm

Refleksi pemikiran visioner seorang muslimah, aktivis politik dan pejuang emansipasi kaum perempuan. Visi dan tindakannya menyatu dalam amanah perjuangan yang gigih untuk cita-cita Indonesia yang lebih beradab.

Merespon persoalan merupakan tugas utama seorang aktivitis. Bermodal kepekaan sosial,melalui buku ini Khofifah membuktikan sikap tanggapnya dalam menjawab persoalan-persoalan nasional. Isu-isu besar seperti krisis alam meliputi dua isu besar yaitu  lingkungan hidup dan global warming dianalisis secara visioner.

 

Pada bagian kedua, Khofifah merespon persoalan Tenaga Kerja Indonesia terkait human trafficking dan kemiskinan. Bagian ketiga, masalah narkoba, pornografi dan aktualitas hidup generasi muda terkait internet dan globalisasi ditelaah secara baik,  disertai tawaran-tawaran menarik untuk menjawab persoalan kontemporer modernisme. Berlanjut pada bagian keempat, masalah  pelayan publik yang tak kunjung membaik di negeri ini ditelaah secara kritis, bijak, dan disertai solusi kreatif.

Selain tetap memakai kerangka objektivitas ilmu pengetahuan kontemporer, sebagian tulisan di dalamnya juga menyertakan muatan-muatan ajaran Islam dengan paradigma yang rasional dan konstruktif.

@htanzil

 

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s