Buntelan from Penerbit Nuansa Cendekia

BUNTELAN NUANSA

Tiga buah buku dibuntelkan Penerbit Nuansa Cendekia, berikut detail dari masing-masing buku :

drama-sejarah-1832-diponegoroJudul : Drama Sejarah 1832

Penulis : Remy Sylado

Penerbit : Nuansa Cendikia

Cetakan : I, Oktober 2012

Tebal : 93 hlm

Pangeran Diponegoro. Legenda Nusantara itu pernah mengalami masa kehidupan suram di Manado sebelum meninggal di Makasar 1855. Di Manado, keluarga  Diponegoro, keluarga Nyai Mojo dan pengikutnya dibuang oleh pemerintahan Kolonial Belanda – hidup dalam kesepian dan penderitaan. Bermodal kesetiaan akan kemerdekaan hidup, mereka teguh dalam menjaga cita-cita luhurnya. Terdapat banyak muatan pengetahuan sejarah dan nilai kemanusiaan yang bisa dipetik dari buku yang tersaji dalam bentuk naskah drama ini. Sangat berguna dibaca oleh remaha dan kaum muda indonesia.

Naskah Drama yang terdapat dalam buku ini pernah dipentaskan dalam sebuah drama di Taman Ismail Marzuki (TIM) – Jakarta pada tgl  29-31 Oktober 2012 yang lalu yang  diperankan oleh Jose Rizal Manua (Pangeran Diponegoro) Renny Djayusman , Anastasia Astutie, dll.

###

ap01-003Judul : Misteri Lukisan Nabila

Penulis : Sihar Ramses Simatupang

Penerbit : Nuansa Cendikia

Cetakan : I, Nopember 2012

Tebal : 188 hlm

Novel ini bercerita mengenai hilangnya aktivis politik 1998. Novel ini secara tidak langsung menyampaikan masalah penyiksaan yang berujung pada penghilangan para aktivis politik di masa itu.

“Di manapun, kapan pun, jarak terdekat tercipta antara wartawan dan pengarang. Inti dari keduanya adalah pengabar, saksi yang (seharusnya) terjujur dari kenyataan hidup aktual. Peran ganda tapi serupa itulah yang dialami oleh Sihar Ramses simatupang, sebagaimana terbaca dalam prosa terbarunya. Prosa ini menceritakan kegelisahannya sebagai wartawan dan merenungkan serta mengekspresikannya dalam kreativitas artistik yang tetap misterius”

Radhar Panca Dahana, Sastrawan

###

ap01-001Judul : Hukum & Pemikiran Modern

Judul Asli : Law, and The Modern Mind

Penulis : Jerome Frank

Penerjemah : Rahmani Astuti

Penerbit : Nuansa Cendikia

Cetakan : I, Maret 2013

Banyak praktisi, termasuk intelektual bidang hukum memahami “ketidakpastian dalam realitas hukum berakar dari ketidakpastian aturan.” Akibatnya timbul kesimpulan, “ketidakpastian hukum selalu identik dengan ketidakpastian aturan.”

Melalui cara pandang baru, Jerome Frank, seorang pemikir hukum modern yang dikenal brilian itu membuka kesalahan berpikir seperti itu. Intisari dari buku ini adalah membuka problematika hukum modern dan menawarkan cara pandang baru. Basis risetnya, literatur utama hukum klasik dan modern, kajian realisme hukum dan prinsip-prinsip psikologi praktik hukum.

Bagian pertama membuka persoalan hukum terkait dengan mitos dalam dunia hukum. Di dalamnya memuat realisme hukum, praktik pengacara, kebijakan hakim, yudisial, dan lain-lain. Bagian kedua menekankan pembahasan kepastian hukum dengan kritik tetap pada mitos-mitos pemikiran hukum. Terdapat banyak kajian filosofis dan cara paradigma hukum yang sangat penting dikaji.

Pada bagian ketiga, dilanjut lampiran yang panjang, Frank memberikan solusi, dalam menjawab bagaimana seharusnya hukum modern diterapkan di masyarakat.

Cocok untuk mahasiswa, pengajar dan pengamat hukum, juga sangat pas untuk pengacara.

Tentang Penulis :

jeromeJerome Frank (1889-1957).  Filsuf hukum, hakim, pengacara dan penulis. Lahir di New York, mendapat gelar sarjana dari University of Chicago Law School. Namanya melejit sebagai intelektual hukum karena memainkan peran utama dalam gerakan realisme hukum. Karya lain yang terkenal adalah His Other Major Work, Courts on Trial (1949)

###

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s