Rin Tin Tin by Susan Orlean

Hampir semua dari kita pasti  mengenal Rin Tin Tin, anjing paling terkenal di dunia, serial TV nya pernah di putar di TVRI sekitar tahun 80an Namun tidak banyak yang tahu bahwa Rin Tin Tin bukanlah tokoh fiksi dalam sebuah film, melainkan sosok anjing yang pernah benar-benar hidup secara terlantar dan nasib mengubahnya menjadi ‘binatang’ film yang paling terkenal sepanjang masa.

Bagaimana  Rin Tin Tin bisa menjadi begitu terkenal?  bacalah  buku Rin Tin Tin, Perjalanan Hidup Seekor Anjing Pada Perang Dunia I karya Susan Orlean yang diterjemahkan oleh seorang kawan saya Mbak Dina Begum ini. Dari beliau jugalah saya memperoleh buku ini. Terima kasih banyak ya mbak Dina. 🙂

Sebelum saya memberikan etail dan sinopsis buku ini, saya akan kutipkan Kata Pengantar dari penerbit yang tercetak di buku ini.

Mengapa seorang penulis rela menghabiskan hampir sepuluh tahun kehidupannya untuk meneliti dan menulis kisah tentang seekor anjing? Kalau membaca buku yang menakjubkan ini, kau akan mengerti alasannya. Ini mungkin kisah anjing paling menghanyutkan yang pernah diceritakan, mencakup sejarah sepanjang sembilan puluh tahun, tiga perang, kebangkitan industri gambar bergerak dan kelahiran televisi. Semuanya melalui pengalaman salah satu bintang film yang paling sering diberitakan di dunia, seekor anjing menggemaskan bernama Rin Tin Tin.

Pada 1918, seorang tentara Amerika bernama Lee Duncan menemukan anak anjing terlantar di sebuah wilayah pertempuran Perancis pada masa Perang Dunia I. Duncan punya impian besar untuk Rin Tin Tin yang dibawanya pulang ke Amerika Serikat dan terjun ke dalam seni peran di film-film bisu. Tak lama kemudian “Rinty” menjadi anjing paling terkenal di dunia dan menjadi salah satu  di antara paca calon penerima anugerah Academy Award yang pertama. Dinasti  anjing paling terkemuka pun mulai dibangun.

Selama beberapa dekade, Rin Tin Tin mengalami perubahan  seiring berjalannya waktu, bergerak dari film bisu ke film bicara, dari prgram radio ke salah satu acara televisi paling populer. Susan Orlean  mengajak para pembicara melintasi lanskap yang sedang berubah, sedemikian rupa dan hanya dia yang bisa melakukannya. Yaitu dengan menemukan kecocokan dan makna di berbagai tempat yang unik dan mengagumkan (hal 5-6)

Detail buku :

Judul : Rin Tin Tin, Perjalanan Hidup Seekor Anjing pada Perang Dunia I

Judul Asli : Rin Tin Tin, The Life and Legend

Penulis : Susan Orlean

Penerjemah : Dina Begum

Penerbit : Ufuk Publishing House

Cetakan : I, Mei 2012

Tebal : 564 hlm

Pada 1918, seorang tentara Amerika bernama Lee Duncan menemukan anak anjing telantar di sebuah wilayah pertempuran Prancis pada masa Perang Dunia I. Duncan punya impian besar untuk Rin Tin Tin yang dibawanya pulang ke Amerika Serikat dan terjun ke dalam karier seni peran di dalam film-film bisu. Tak lama kemudian, Rin Tin Tin menjadi anjing paling terkenal di dunia. Ia bahkan menjadi salah satu di antara para calon penerima anugerah Academy Award yang pertama. Ini adalah kehidupan dan legenda Rin Tin Tin yang penuh kisah cinta dari lubuk hati tentang ikatan batin spiritual. Sebuah meditasi tentang kefanaan dan keabadian. Penjelajahan memilukan tentang ikatan batin abadi antara manusia dan seekor anjing. Buku yang wajib dibaca oleh siapa pun yang menyukai anjing hebat dan kisah mengagumkan.

“Keyboard-ku sampai basah saat menerjemahkan buku ini.” 

—Dina Begum, Penerjemah

review buku ini bisa dibaca di sini

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s