Istana Mimpi by Ismail Kadare from Penerbit Serambi

Istana Mimpi adalah novel parabel tentang kediktatoran Ismail Kadere, penyair dan penulis novel paling terkenal Albania.  Novel ini untuk pertama kali terbit di Albania pada tahun 1981 dengan judul Nepunesi i pallatit te endrrave

Dengan terbitnya buku ini maka sudah ada 3 buah karya Ismail Kadere yang diterjemahkan dan diterbitkan dalam bahasa Indonesia yaitu. Elegi Kosovo, Penerbit Jalasutra, 2004, dan Piramid, Marjin Kiri, 2011.

Berikut deskripsi novel “Istana Mimpi”

Judul: Istana Mimpi

Penulis: Ismail Kadare
ISBN: 978-979-024-368-2
Ukuran:13X20.5CM
Terbit: Juni 2012
280 Halaman

Di jantung Kekhalifahan, berdirilah Istana Mimpi atau Tabir Sarrail yang misterius. Di dalamnya, mimpi-mimpi seluruh rakyat dari seluruh penjuru wilayah kekuasaan sang Sultan dikumpulkan, disortir, dan ditafsirkan untuk mencari Mimpi Utama yang akan memberikan pertanda bagi takdir Kekhalifahan dan peristiwa-peristiwa besar yang akan datang. Tak satu pun mimpi luput dari pemeriksaan.

Mark-Alem, seorang pegawai baru, kariernya dengan cepat menanjak. Apakah ini karena dia berasal dari keluarga Quprili, keluarga berpengaruh yang secara turun-temurun telah berjasa besar pada Kekhalifahan? Ataukah ada motif lain, mengingat, dari waktu ke waktu, persaingan antara keluarga Quprili dan Istana Mimpi terus berlangsung? Dan bagaimana jadi-nya ketika Mark-Alem harus menangani mimpi yang berhubungan dengan takdir keluarga besarnya?

Novel memukau yang sempat dilarang beredar di negara asalnya, Albania, ini berkisah tentang tirani dan totaliterisme penguasa, ditulis dengan cara yang cerdas, penuh satir dan humor gelap. Menakjubkan sekaligus membuat penasaran. Inilah adikarya Ismail Kadare, pengarang terkemuka dunia dan kandidat peraih Nobel Sastra yang dinobatkan se-bagai pemenang perdana Man Booker International Prize pada 2005.

“Lewat Istana Mimpi, Kadare telah menciptakan karya sastra yang mengagumkan bagi seluruh dunia.”
—Wall Street Journal

“Novel ini menyingkapkan sebuah parabel tentang kediktatoran di mana segala sesuatu diawasi dan dikendalikan, bahkan alam bawah sadar seluruh warga masyarakat … ”
—Publishers Weekly

Tentang Penulis

Ismail Kadare dilahirkan pada 1936 di kota Gjirokaster, dekat perbatasan Yunani. Dia adalah penyair dan penulis novel paling terkenal di Albania. Dalam sebagian karyanya, dia mengisahkan sejarah Albania yang kental dengan kedikatatoran. Karya-karya Kadare telah menjerumuskan dirinya ke dalam sejumlah konflik dengan penguasa sejak 1945-1985. Pada tahun 1990 ia meminta suaka politik ke Prancis dan kini membagi waktunya antara Paris dan Tirana.

@htanzil

 

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s