Rumah Multatuli

Buku ini merupakan buntelan dari Kang Ubaidillah Muchtar (Ubai), pengelola Taman Baca Multatuli di Kp. Ciseel, Desa Sobang, Kabupaten Lebak, Banten.

Siapa itu Kang Ubai? profil dan sepak terjangnya dalam memajukan Kampung Ciseel, kampung yang terisolir melalui taman bacaan Multatuli yang didirikannya bisa dibaca di sini  Sedangkan profil dan kegiatan Taman Baca Multatuli bisa kita lihat di blog Reading Multatuli

Buku Rumah Multatuli yang diterbitkan secara swadaya oleh Taman Baca Multatuli ini cukup ‘sexy’. Buku setebal 572 halaman yang diberi kata pengantar oleh Ben Abel selaku pekerja Perpustakaan  Pusat Studi Asia Tenggara Cornell University ini berisi 43 catatan perjalanan menyusuri jejak Multatuli dan 3 makalah dalam rangka gelaran Sastra Multatuli 2011 yang dilaksanakan pada tanggal 13-15 Mei 2011 yang lalu.

Buku ini dibagi menjadi tiga bagian, bagian pertama merupakan kumpulan catatan anak-anak Ciseel sejumlah 30 catatan, bagian kedua berisi 13 catatan dari para peserta tamu, dan bagian ketiga berisi makalah dari para pembicara di acara Sastra Multatuli 2011

Buku ini juga dilengkapi dengan puluhan foto-foto berwarna yang merekam kegiatan Sastra Multatuli 2011.

Dalam buntelannya ini ternyata terselip juga 2 keping DVD,  yang pertama  berisi rekaman Kick Andy Hope dimana salah satu episodenya adalah saat Andy F. Noya mengunjungi Kang Ubai di Taman Baca Multatuli, Ciseel. Dan satu keping DVD lagi merupakan film Dokumenter Rumah Multatuli.

Terima kasih banyak untuk kang Ubai atas buntelannya ini. Tak sabar untuk membaca buku ini terutama tulisan anak-anak kampung Ciseel yang selama ini dilatih dan dibina untuk mencintai kegiatan membaca dan menulis. Selain itu buku dan DVD nya juga membuatku penaaraan dan ingin mengunjungi Ciseel sekaligus mengikuti Reading Group Multatuli yang hingga saat ini masih rutin digelar.

Nantikan aku ya kang! suatu saat jika Tuhan mengizinkan aku pasti akan ke sana…

Detail buku :

Judul : Rumah Multatuli – Kumpulan Catatan 2011 Menyusuri Jejak Multatuli

Pengantar : Ben Abel

Editor : Ubaidillah Muchtar

Penerbit : Taman Baca Multatuli

Cetakan : April,  2012

Tebal : 572 hlm

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s