Shop Clasa As Soulcraft from Pustaka Alvabet

Pertama kali membuka buntelan dari Pustaka Alvabet ini saya langsung berdecak kagum dengan covernya. Sebuah motor besar klasik berwarna merah dengan latar sebuah rumah/garasi berwarna coklat dimana judul dan endorsment dari filsuf kenamaan Francis Fukuyama mengisi bagian yang kosong diatas foto morotnya. Sebuah komposisi antara foto dan huruf yang menarik.

Melihat ukuran buku, dan covernya kukira tadinya ini sebuah novel oh, ternyata ini buku pengembangan diri! wow sebuah kemasan yang menarik karena pada umumnya buku pengembanangan diri desain covernya bisa tertebak, sedangkan buku ini terasa lain.

Sepertinya ini buku yang menarik karena kabarnya buku ini hanya dalam tempo tiga minggu telah dicetak ulang lima kali di Amerika Serikat. Buku ini juga menawarkan gairah kemandirian dimana pendidikan diorientasikan untuk mengubah individu menjadi “knowledge worker”

Baca sekilas kata pengantarnya sih, sepertinya buku ini menggugah kesadaran pembacanya akan makna kerja manual diera serta otomatisasi seperti sekarang ini.

Terima kasih untuk Penerbit Alvabet yang selalu mengirimkan buku-buku terbarunya padaku.

Berikut sinopsis dan pujian untuk buku ini :

SINOPSIS

Hanya tiga hari setelah terbit, Shop Class as Soulcraft menduduki urutan ke-23 dalam daftar buku laris New York Times. Bahkan dalam tempo tiga minggu, buku ini telah dicetak ulang lima kali. Tak hanya itu, pada 2009, karya ini menyabet penghargaan sebagai buku terbaik dari belasan media massa ternama, antara lain New York Times, Publishers Weekly, Wall Street Journal, Financial Times, serta memenangi Borders Original Voices Award.

Dalam buku ini, Matthew B. Crawford menguraikan pandangan mencerahkan tentang manfaat kerja manual dan terampil. Berdasarkan pengalaman pribadinya, doktor filsafat politik yang juga pemilik bengkel motor ini menunjukkan betapa kerja-kerja manual berbasis pikiran dan keterampilan tangan sangatlah menyenangkan dan menghasilkan kepuasan intrinsik yang luar biasa.

Buku ini menawarkan gairah kemandirian. Di dunia modern di mana pendidikan diorientasikan sepenuhnya untuk mengubah individu menjadi “knowledge worker”, karya ini sungguh unik, menggugah, dan menginspirasi.

ENDORSEMENT

“Buku yang sangat memikat tentang keunggulan manusia yang kurang dihargai dalam kehidupan masyarakat kontemporer.”

—Francis Fukuyama, New York Times

“Sangat menggugah … mengingat ada jutaan penganggur tengah berjuang mencari pekerjaan—apa saja, sesuai dengan keahlian dan bakat mereka—untuk semakin merekatkan hidup dan penghidupan.”

Philadelphia Inquirer

 

“Crawford menawarkan sebuah filosofi kerja. Testimoni pribadinya membuat banyak pembaca tergetar. Kesaksiannya menggugah pembaca untuk berpikir ulang tentang pekerjaan mereka.” 

Washington Times

“Analisis menarik dan penting tentang nilai kerja dan keterampilan tangan. … Kritik sosial yang inspiratif serta eksplorasi pribadi yang mendalam. … Bacaan wajib bagi semua pemimpin pendidikan.”

Library Journal

“Buku menarik ihwal moralitas dan metafisik… yang menggambarkan realitas praktis. Kombinasi testimoni dan refleksi pribadi yang luar biasa. Anda tak mungkin mengabaikannya.”

—Harvey Mansfield, Guru Besar Harvard University

“Crawford mengajarkan sesuatu yang telah raib dalam kehidupan kontemporer, yaitu bekerja dengan keterampilan tangan, sebuah kearifan konvensional yang lama tenggelam ditelan budaya canggih teknologi. Ia muncul bagaikan sekoci di tengah cakrawala.”

—Rod Dreher, penulis Crunchy Cons

“Buku ini mendakwa cara kerja modern yang mematikan indra. Penulisnya menggambarkan betapa sistem pendidikan modern telah melakukan kekerasan terhadap sifat sejati kita sebagai Homo Faber.”

—Reihan Salam, editor The Atlantic

“Crawford mengupas sesuatu yang besar; tentang budaya (modern) yang benar-benar menyepelekan kerja manual sehingga kehilangan ajaran pokoknya perihal bagaimana menjalani kehidupan secara menyenangkan (dan cakap).”

Washington Post

“Dengan kecerdasan dan humor, Crawford memadukan pengalamannya sebagai pemilik bengkel dengan cara-cara bekerja yang sangat filosofis.”

Publishers Weekly

“Siapa pun yang harus bekerja dalam hidup ini sebaiknya mendengarkan nasihatnya.”

Richmond Times Dispatch

Shop Class as Soulcraft sanggup membalik pendapat Anda tentang kerja dan membuat Anda berpikir ulang perihal karier. … Tulisan yang penuh semangat dan sangat mendalam.”

Washington Post

“Buku ini meyakinkan kita bahwa mengetahui cara membuat dan memperbaiki sesuatu jauh lebih memuaskan ketimbang menjadi ‘pekerja ilmu pengetahuan’ yang tak berketerampilan.”

Boston Globe


TENTANG PENULIS

MATTHEW B . CRAWFORD adalah penulis, filsuf, dan mekanik. Saat ini ia menjadi peneliti di Institute for Advanced Studies in Culture, University of Virginia, Amerika Serikat. Pemilik sekaligus pengelola bengkel Shockoe Moto di Richmond, Virginia, ini meraih gelar doktor bidang filsafat politik dari University of Chicago, setelah sebelumnya menekuni bidang fisika dalam studi sarjananya.

Pada September 2001, Crawford menjabat Direktur Eksekutif George C. Marshall Institute, namun lima bulan kemudian ia meninggalkan lembaga tersebut. Selain peneliti dan tukang bengkel, Crawford adalah contributor The New Atlantis, sebuah jurnal tentang teknologi dan masyarakat.

DATA BUKU

Penulis              : Matthew B. Crawford

Edisi                  : Februari 2012

Penerbit            : Penerbit Gemilang

Ukuran              : 13 x 20 cm

Tebal                : 274 halaman

Genre               : Pengembangan Diri

ISBN                 : 978‐602‐19854‐0‐3

Harga                : Rp. 47.500,00

@htanzil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s